NewsOlahragaTrending News

Anak Bantaeng Membawa Indonesia Unggul Atas Malaysia

Irfan Jaya, pesepakbola kelahiran Bantaeng, berhasil membawa Indonesia unggul atas Malaysia pada laga terakhir babak penyisihan Grup B AFF Suzuki Cup 2020. Meski sempat blunder yang membuat gawang timnas Indonesia kebobolan, Irfan Jaya berhasil mencetak dua gol yang membuat Indonesia untuk sementara unggul 2-1 atas Malaysia hingga akhir babak 1.

Laga yang berlangsung di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB.adalah pertandingan krusial bagi kedua tim. Indonesia dan Malaysia membutuhkan kemenangan untuk mengamankan jalan menuju babak semifinal.

Timnas Indonesia tampil menekan sejak awal pertandingan. Melalui Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam dkk sudah menebarkan ancaman ketika laga baru berjalan dua menit. Pratama Arhan melakukan overlap sebelum melepaskan sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti Malaysia. Sayangnya, bola hasil sepakannya masih melebar dari gawang lawan.

Setelah peluang Pratama Arhan, tempo pertandingan berjalan cepat. Indonesia dan Malaysia saling jual beli serangan. Pada menit ke-13, Irfan Jaya melakukan blunder saat menghalau bola, kesalahan Irfan Jaya dimanfaatkan oleh Kogilesawaran Raj dengan sepakan dari luar kotak 16 yang tidak bisa dijangkau Nadeo Argawinata. Malaysia unggul 1-0.

Semenit kemudian, Ezra Walian mendapat peluang emas tapi sepakannya dari sudut sempit masih gagal menjebol gawang Fahmi. Sebuah insiden pada menit 18 dua pemain Indonesia dijatuhkan di area pertahanan Malaysia, tapi wasit menganggap tidak ada pelanggaran. Pelatih Indonesia, Shin Tae Yon, kemudian melancarkan protes namun pengawas pertandingan tak bergeming.

Pada menit 23 giliran Safawi Rasid dijatuhkan di kotak penalti, tapi wasit menganggap bukan pelanggaran juga. Pada menit ke 34, striker Malaysia, Safawi memiliki peluang emas dalam posisi one on one dengan Nadeo, namun bola lobnya masih melebar tipis.

Indonesia akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-36 lewat sepakan Irfan Jaya, menyambut umpan manis Witan Sulaeman. Skor imbang 1-1. Gol pemain alumni SSB Butta Sinoa ini membangkitkan semangat pasukan Merah Putih. Irfan Jaya yang pernah bermain di klub PSM Makassar U 21 ini kemudian membawa keunggulan bagi Indonesia setelah mencetak gol keduanya, dua menit sebelum babak pertama berakhir.

Susunan pemain Indonesia vs Malaysia

Indonesia (4-5-1)
Nadeo: Asanawi, Alfeandra Dewangga, Fakhruddin Aryanto, Pratama Arhan; Irfan Jaya, Ramai Rumakiek, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman; Ezra Walian

Pelatih: Shin Tae Yong

Malaysia (4-1-4-1)
Fahmi; Faisal Halim, Mohd Ghazali, Dion Cools, Syahmi Safari; Bakhtiar; Kogilesawaran Raj, Syafiq Ahmad, Safawi Rasid, Arif Aiman; Junior Eldstal

Pelatih Malaysia: Tan Cheng Hoe



Pada pertandingan Indonesia vs Malaysia ini, Pelatih Indonesia Shin Tae Yong menyimpan Elkan Baggott dan Evan Dimas di bangku cadangan.

STY lebih memilih Fachruddin Aryanto menemani Alfeandra Dewangga di jantung pertahanan Timnas Garuda dan di lini tengah hanya mengandalkan Rachmat Irianto sebagai gelandang bertahan.

Di lini depan, Ramai Rumakiek dimainkan sejak awal menemani Irfan Jaya dan Ezra Walian.

Dari kubu Malaysia, Safawi Rasid kembali jadi andalan di sektor sayap kanan Harimau Malaya.

Penyerang Johor DT itu merupakan top skor sementara PIala AFF 2020 bersama Teerasil Dangda (Thailand) dan Bienvenido Maranon Morejon (Filipina) dengan 4 gol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *