BantaengNews

Antisipasi Banjir Susulan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bantaeng Menormalisasi Dua Sungai

Bantaeng. Sebagai upaya untuk mengantisipasi banjir susulan di Bantaeng, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bantaeng akan menormalisasi dua sungai.yang melintasi kota Bantaeng.

Hujan deras yang terjadi pada akhir bulan November kemarin menyebabkan banjir melanda dua kecamatan di Bantaeng yaitu Kec. Bissapu dan Kec. Eremerasa.

Sebagai antisipasi banjir susulan, Dinas PU Bantaeng akan melakukan normalisasi pada dua sungai yaitu Sungai Kaili dan Sungai Cabodo yang sudah mengalami pendangkalan. Upaya normalisasi itu adalah upaya jangka pendek dengan cara melakukan pengerukan untuk meningkatkan daya tampung kedua sungai tersebut. Adapun rencana pengerukan akan dilakukan sepanjang 3 (tiga) kilometer.

Dikutip dari Sindonews, pengerukan sungai ini akan menggunakan dana rutin Dinas PU Bantaeng. “Ini sisa akhir tahun. Kita hanya bisa menggunakan dana rutin dinas PU dan peralatan di dinas PU. Mungkin dua hari ke depan, kita sudah melakukan pengerukan,” ungkap Kepala Dinas PU Kabupaten Bantaeng, Andi Sjafruddin Magau.

Lebih lanjut Andi Sjarudin Magau mengungkapkan upaya lain Pemkab Bantaeng dalam mengantisipasi banjir susulan adalah dengan pembersihan drainase yang dianggap rawan menyebabkan banjir. Upaya jangka pendek lainnya adalah dengan melakukan perbaikan saluran air di kawasan terminal.

Nantinya pada tahap jangka menengah adalah pembuatan folder penampung air dan pompa untuk membuang air dalam waktu cepat. Selain itu, Dinas PU Bantaeng juga berencana melakukan upaya analisis penyebab banjir. Analisis ini mulai dilakukan tahun depan. Sehingga diharapkan Dinas PU Bantaeng sudah bisa menetapkan upaya jangka panjang terkait ancaman banjir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *