BantaengNews

Bantaeng Meraih WTP Ke Delapan Kali

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan (BPKP) Sulawesi. Raihan WTP ini adalah ke delapan kalinya secara berturut-turut. Penyerahan sertifikat WTP ini berlangsung di Auditorium lantai 2, Kantor BPK Perwakilan Sulsel, Makassar, Jum’at (26/5).

Kepala BPKP Sulsel, Amin Adab Bangun menyerahkan secara langsung kepada Bupati Bantaeng, Ilham Azikin didampingi Ketua DPRD Bantaeng, Hamzah Ahmad dalam rapat paripurna penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kabupaten Bantaeng tahun anggaran 2022.

“Hal tersebut menjadi wujud konsistensi Pemkab Bantaeng dalam upaya mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan negara secara profesional,” kata Amin Adab Bangun.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin mengatakan, capaian WTP ke delapan ini tidak akan terwujud tanpa kebersamaan, solidaritas, perhatian, dan respon seluruh pihak terhadap rekomendasi yang disampaikan oleh BPK.

Bupati bergelar doktor ilmu pemerintahan itu mengatakan, WTP ini sangat penting bagi seluruh pemerintah daerah. Terkhususnya di Kabupaten Bantaeng. Pertama, WTP menjadi salah satu acuan dalam melakukan perbaikan, penataan, dan tata kelola keuangan.

“Kedua, melalui opini WTP yang diraih Bantaeng ini akan menjadi potret pemerintah pusat dan investor untuk menjadi bagian akselerasi pembangunan di Kabupaten Bantaeng. Sehingga kami menyampaikan syukur atas capaian yang bisa kita pertahankan sampai saat ini,” kata dia.

Untuk diketahui, meraih predikat WTP harus memenuhi empat kriteria. Pertama, kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kedua, kecukupan pengungkapan, ketiga, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan keempat, efektivitas sistem pengendalian intern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *