BantaengInovasi

Bunda PAUD Bantaeng Buka Wisuda Imunisasi Pertama di Indonesia

Bantaeng kembali melahirkan satu inovasi yang diberi nama Wisuda Imunisasi. Kegiatan wisuda imunisasi yang digelar di Tribun Pantai Seruni Kabupaten Bantaeng, Sabtu, 3 Juni 2023ini bertujuan untuk memantik dan mendorong minat dan kemauan orang tua agar berpartisipasi dalam pelaksanaan imunisasi baik itu imunisasi dasar lengkap hingga imunisasi rutin lanjutan.

Sebanyak 642 peserta hadir dalam kegiatan ini yang mana terdiri dari 277 anak didik dari 30 TK/PAUD intervensi dari 9 PKM, 277 orang tua anak 30 TK/PAUD, serta 88 orang tua undangan. Wisuda Imunisasi ini merupakan kegiatan wisuda imunisasi pertama yang berlangsung di Indonesia.

Wisuda Imunisasi ini merupakan puncak penyelenggaraan rumah imunisasi yang diawali dengan kegiatan skrining imunisasi, pelaksanaan imunisasi kejar yang melibatkan seluruh stake holder yang terkait. Tak terkecuali Bunda PAUD mulai dari tingkat Kabupaten hingga ke tingkat Desa/Kelurahan.

Bunda PAUD kabupaten Bantaeng, Hj. Sri Dewi Yanti, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan wisuda imunisasi ini merupakan bentuk kolaborasi dari seluruh pihak dalam memastikan anak-anak Bantaeng mendapatkan imunisasi dasar lengkap dan imunisasi rutin lengkap sehingga mampu menciptakan generasi bangsa atau SDM yang sehat dan kuat di masa yang akan datang.

Pada kesempatan yang sama turut hadir perwakilan dari UNICEF, Hengky Wijaya, PhD. Beliau menyampaikan bahwa keberhasilan Bantaeng mencapai 117% cakupan imunisasi dasar lengkap di tahun 2022 melebihi target yang ditentukan oleh kementerian kesehatan. Capaian ini terwujud berkat adanya dukungan dari seluruh elemen terhadap pentingnya imunisasi yang sangat kuat di Bantaeng.

Wisuda Imunisasi ini juga menarik perhatian Kadis Kesehatan Provinsi Sulawesi, dr. Hj. Rosmini Pandin, MARS, sehingga menyempatkan hadir di Bantaeng. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi salah satu inovasi puskesmas di Kabupaten Bantaeng, yakni Ulang Tahun di Posyandu. Beliau bersemangat untuk mereplikasi inovasi yang kelihatan sederhana namun daya ungkitnya sangat besar dalam menjangkau sasaran di Posyandu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *