IPTEK

Kenali Penyebab Komputer Mudah Rusak dan Cara Merawatnya Agar Awet Tahan Lama

Komputer menjadi salah satu alat teknologi yang membantu seseorang dalam mengerjakan aktifitas sehari-hari di kantor maupun saat belajar. Bagi Anda yang memiliki komputer, pastinya tidak ingin perangkat satu ini cepat rusak ataupun sistem kinerjanya melambat. Hal ini tentu perlu melakukan perawatan ekstra agar komputer tetap awet dan tidak mudah rusak.

Oleh sebab itu, Anda sudah sepatutnya untuk mengetahui bagaimana cara merawat komputer agar tidak mudah rusak dan tahan lama. Namun, sebelum membahas lebih mendalam tentang hal tersebut, Anda juga perlu mengetahui apa saja penyebab sebuah komputer bisa cepat mengalami kerusakan meski baru digunakan beberapa bulan saja.

Berikut penjelasannya yang wajib Anda ketahui untuk menjaga komputer Anda terhindar dari sistem kinerja yang lambat dan mengalami kerusakan.

Penyebab Komputer Cepat Rusak

  1. Penumpukan Debu

Umumnya perangkat komputer memiliki kipas yang digunakan sebagai sistem pendinginan agar suhu komputer tetap stabil. Seiring berjalannya waktu, daerah-daerah tertentu di bagian area tersebut akan dipenuhi oleh debu yang akan mengganggu kinerja komputer tersebut. Dampak dari penumpukan debu ini tentunya dapat menurunkan performa pendingin dari komputer sehingga suhu dari hardware tidak dapat dikendalikan sehingga terjadi overheat.

  • Overheat

Ciri-ciri komputer yang mengalami overheat akan menimbulkan kerusakan komputer yang lebih cepat. Kondisi overheat ini bisa saja terjadi akibat sistem pendingin pada komputer tidak bekerja secara maksimal dan membuat pertukaran udara di dalamnya tidak berjalan dengan baik.

  • Kerusakan pada Kabel

Kualitas kabel di dalam komputer rupanya harus memiliki perawatan yang baik agar komputer tetap berjalan dengan baik. Kerusakan pada kabel akibat longgar dan faktor lainnya bisa beresiko mengancam keselamatan perangkat dan memberikan peluang konslet terhadap komputer.

  • Sering Install dan Uninstall Program

Salah satu penyebab komputer cepat rusak adalah terlalu banyak mencoba program dan game dari aplikasi-aplikasi yang dipasangkan ke komputer Anda. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap kerusakan pada harddisk komputer tersebut.

  • Terkena Malware

Sebagian Malware mungkin hanya mempengaruhi kerusakan sistem kerja komputer sehingga membuat kinerja komputer menjadi lebih lambat dan kesulitan membuka beberapa jenis file. Namun beberapa jenis Malware lainnya juga akan sangat berbahaya yang berdampak hardware dari komputer tersebut sulit untuk diperbaiki.

  • Menggunakan Perangkat Secara Berlebihan

Tak hanya penggunaan listrik yang harus dibatasi, menggunakan perangkat komputer juga sangat tidak dianjurkan berlebihan. Kelebihan penggunaan komputer ini akan berdampak terhadap sistem perangkat yang tidak stabil sehingga membutuhkan penggantian komponen. Jika hal ini sangat disepelekan, tentunya kerusakan yang akan timbul semakin parah dan mengharuskan penggantian perangkat komputer yang baru.

  • Kapasitas RAM Terlalu Sedikit

Besar ukuran RAM memang bisa mempengaruhi terhadap keawetan komputer tersebut. Semakin besar RAM yang dimiliki dari sebuah komputer, maka performa dalam menjalankan programnya juga akan semakin baik. Namun berbeda jika kapasitas RAM yang dipakai terlalu sedikit, ini juga akan membatasi Anda dalam menggunakan aplikasi yang dipakai dari komputer tersebut.

  • Mati Listrik

Mati listrik memang menjadi situasi yang berbahaya saat tengah menggunakan komputer. Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa listrik yang mati secara mendadak juga bisa membunuh perangkat keras yang ada di komputer tersebut secara perlahan. Dampak dari mati listrik ini cenderung akan berpengaruh terhadap kehilangan data atau kerusakan komponen yang ada di dalam hardware. 

Cara Merawat Komputer yang Baik dan Benar

Jika Anda sudah memahami apa saja faktor penyebab komputer mudah rusak, pembahasan selanjutnya adalah Anda harus memahami bagaimana cara merawat komputer dengan baik dan benar agar tidak mudah rusak. Simak penjelasannya di bawah ini!

  1. Membersihkan Perangkat Secara Teratur

Agar komputer terhindar dari penumpukan debu yang mempengaruhi performa sistem komputer Anda, Anda wajib rutin membersihkan seluruh perangkat komputer setidaknya setiap bulan. Anda bisa menggunakan alat pembersih komputer seperti kuas dan air compressor. Hanya saja penggunaan air compressor ini wajib diperhatikan dan tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

  • Pengaturan Suhu Sedang

Selanjutnya cara merawat komputer dengan baik adalah dengan melakukan pengaturan suhu komputer tidak terlalu panas. Caranya dengan meletakkan komputer di ruangan yang memiliki ventilasi dan memasang kipas angin di area dekat CPU dan monitor.

  • Pasang Antivirus

Virus komputer memang hal yang menjengkelkan dengan berbagai dampaknya yang besar terhadap keselamatan komputer. Setidaknya, sejak awal Anda memiliki komputer, antivirus ini harus sudah tersedia. Anda bisa menggunakannya dengan cara melakukan scan dan terus memperbaikinya secara rutin untuk keselamatan komputer Anda.

  • Uninstall Aplikasi Tidak Terpakai

Agar komputer tidak memiliki beban kerja yang berat, alangkah baiknya Anda dianjurkan untuk uninstall atau menghapus seluruh aplikasi yang tidak terpakai untuk mengurangi penggunaan ruang harddisk di Komputer Anda. Terlebih lagi jika kapasitas harddisk yang tersedia sangat terbatas, Anda wajib rutin membersihkannya dari aplikasi tidak terpakai secara berkala.

  • Menggunakan Stabilizer atau UPS

Komputer pastinya memerlukan tegangan listrik yang stabil. Anda bisa menggunakan bantuan dengan alat bernama stabilizer atau UPS sesuai dengan besaran daya yang akan digunakan oleh komputer. Tegangan listrik yang tetap stabil ini akan membantu komputer Anda tetap awet dan tidak mudah panas.

  • Mematikan Komputer Saat Hujan

Kondisi hujan memungkinkan terjadinya pemadaman listrik secara mendadak. Oleh sebab itu, sebaiknya penggunaan komputer saat kondisi hujan lebih baik dihindari. Pemadaman komputer saat kondisi hujan juga dilakukan untuk mencegah agar komputer atau jaringan internet tidak tersambar petir.

  • Mematikan Komputer dengan Benar

Selanjutnya cara merawat komputer yang baik juga perlu memperhatikan bagaimana komputer tersebut dimatikan. Pastikan prosedur mematikan komputer tidak dilakukan secara sembarangan seperti mencabut langsung kabel dari saklar atau mematikan tombol power pada CPU. Cara ini tentu sangat tidak wajar dan dapat merusak komputer secara perlahan.

  • Rutin Membersihkan File Sampah

Selanjutnya agar sistem kinerja komputer tidak terasa berat, Anda juga harus membersihkan komputer dari file-file sampah terutama file yang telah terbuang di Recycle Bin. Namun pastikan file-file yang dihapus memang data-data yang tidak pendting untuk disimpan.

  • Menggunakan Komputer Secara Bijak

Cara merawat komputer agar tahan lama tentu penggunaannya pun harus dilakukan secara bijak. Jangan biarkan komputer yang Anda miliki digunakan secara sembarang seperti menaruh benda yang berbahaya di sekitarnya, menggunakan aplikasi-aplikasi yang memberatkan komputer dan lain-lain.

Demikian penjelasan mengenai apa saja faktor penyebab komputer bisa cepat rusak dan bagaimana cara merawatnya agar bisa tahan lama. Cara merawat komputer ini tentu sangat berguna untuk diterapkan bagi Anda yang sehari-hari bekerja menggunakan komputer baik di rumah ataupun di kantor.

Jika perawatan terhadap komputer bisa dilakukan secara baik dan benar, Anda akan mendapatkan pengalaman kinerja komputer yang sangat baik sehingga aktivitas bekerja bisa terasa nyaman setiap harinya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *