OlahragaTrending News

Melaju Ke Final Suzuki AFF Cup 2020, Kemenangan Indonesia Penuh Drama

Indonesia berhasil melaju ke final Suzuki AFF Cup 2020 setelah menghempaskan Singapura dengan skor 4-2 pada laga Leg 2 semifinal, Sabtu (25/12/2021). Pada leg pertama semifinal, Rabu (22/12/2021) lalu, Indonesia dan Singapura bermain imbang 1-1.

Kemenangan Tim Garuda atas The Lions pada laga yang digelar di National Stadium ini diwarnai dengan berbagai drama dan kontroversi. Wasit asal Oman, Qasim Matar Ali Al Hatmi mengeluarkan tiga kartu kuning dan satu hadiah pinalti dalam laga penentuan tim yang akan bertarung di laga pemuncak AFF Suzuki Cup 2020 ini. Tiga kartu merah dan satu hadiah pinalti ini semua diberikan ke tim Singapura.

Ezra Walian membuka kemenangan Indonesia pada menit ke 11 setelah berhasil menyarangkan gol dari umpan tarik Witan Sulaeman di dalam kotak penalti.

Menjelang babak pertama berakhir, wasit mengeluarkan kartu merah bagi bek Singapura, Safuwan Baharuddin. Bermain 10 pemain, Singapura berhasil melesakkan gol ke gawang Nadeo Argawinata hingga skor menjadi 1-1 saat turun minum. Gol penyeimbang ini diciptakan oleh Song Ui-young yang memanfaatkan bola liar dari situasi tendangan bebas Shahdan Sulaiman.

Wasit kembali mengeluarkan kartu merah setelah pemain Singapura Irfan Fandi melanggar Irfan Jaya pada menit ke 67. Meski hanya bermain dengan sembilan orang, The Lions justru memimpin pertandingan pada menit ke 76 setelah Shahdan Sulaiman berhasil menjebol gawang Indonesia. Gol cantik ini tercipta dari tendangan bebas akurat yang tak dapat dihalau oleh Nadeo.

Arhan Pratama berhasil menjaga kans Indonesia untuk lolos ke final setelah mencetak gol penyeimbang pada menit 87. Skor menjadi 2-2. Menjelang babak kedua usai, drama kembali terjadi. Pada menit 89, wasit menghadiahi pinalti pada Singapura.

Sayangnya, Faris Ramli, eksekutor Singapura gagal memanfaatkan peluang untuk membawa Singapura ke babak final. Tendangannya masih bisa terbaca dan dihalau oleh Nadeo Argawinata yang tampil gemilang pada laga ini. Berkali-kali Nadeo melakukan aksi heroik penyelamatan gemilang dalam menjaga gawangnya.

Skor imbang memaksakan pertandingan berlanjut pada babak extra time untuk menentukan pemenang.

Masuknya Egy Maulana Vikry dan keunggulan jumlah pemain membawa perubahan pada alur serangan tim asuhan Shin Tae-yong. Egy dan Irfan Jaya tampil begitu agresif dalam melakukan serangan menggempur pertahanan Singapura yang dijaga oleh Hasan Sunny.

Meski baru masuk pada menit 66 Irfan Jaya menjadi pemain dengan shots on target paling banyak, lima kali. Tapi, upaya keras Irfan selalu kandas di tangan Hassan Sunny. Anak Bantaeng ini pula yang membuat Irfan Fandi menerima kartu merah.

Indonesia akhirnya mencetak memimpin pertandingan setelah mencetak gol ketiga. Gol ini tercipta melalui bunuh diri Shawal Anuar yang berawal dari kerja keras Egy menembus kotak penalti Singapura. Egy Maulana Vikri akhirnya menjebol gawang Singapura dengan kakinya sendiri untuk mengunci kemenangan timnas Indonesia pada menit ke-105 babak extra time.

Drama dalam laga Indonesia vs Singapura ditutup oleh kartu merah yang diterima kiper Hassan Sunny pada menit ke-119. Sebelum dikeluarkan dari lapangan, Hassan Sunny tampil sangat heroic dengan melakukan sembilan kali penyelamatan pada duel ini.

Kartu merah ketiga ini membuat The Lions bermain dengan delapan orang dan penyerang Ikhsan Fandi terpaksa menjadi kiper. Indonesia akhirnya bisa menang 4-2 atas Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Di babak final Indonesia akan bertemu pemenang dari laga leg 2 Thailand vs  Vietnam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *