Kuliner

Pas Jadi Oleh-Oleh ini 5 Makanan Khas Bantaeng Yang Harus Dibeli

Setelah puas menikmati indahnya pantai Bantaeng, dan juga menariknya budaya Bantaeng yang ada, rasanya kurang pas jika Anda tidak membeli camilan ringan dari daerah setempat, sebagai oleh-oleh. Beberapa jenis makanan mungkin terlihat biasa, namun ada juga yang unik, dan pas sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta di rumah. Adapun aneka camilan khas yang dimaksud, antara lain :

  1. Jagung Marning

Adapun makanan khas Bantaeng pertama yang dapat Anda beli dan bawa sebagai oleh-oleh adalah Jagung Marning. Seperti namanya camilan yang satu ini terbuat dari jagung yang berkualitas, yang ditambah dengan garam kapur sirih, minyak goreng, air dan aneka bumbu yang dihaluskan lainnya.

Jagung yang satu ini setelah direbus bersama bumbu, nantinya digoreng hingga garing. Hasilnya membuat camilan tersebut terasa renyah, dan tidak keras.

Saat ini, camilan khas dari Bantaeng tersebut tersedia dalam berbagai macam varian rasa, mula dari rasa pedas, asin, original, mans dan juga ada sarabba jahe. Anda dapat menjumpai camilan ini di banyak tempat, mulai dari pedagang eceran, hingga di toko oleh-oleh.  

Jagung Marning, oleh-oleh khas Bantaeng
  • Kripik talas

Adapun kuliner khas Bantaeng berikutnya adalah keripik talas. Sebenarnya keripik talas ini sudah ada di beberapa daerah lainnya. Hanya saja daerah Bantaeng ini, terkenal sebagai tempat pengembangan beberapa jenis talas. Masyarakat sekitar mulai memanfaatkan talas tersebut, jadi berbagai macam jenis masakan, salah satunya adalah keripik talas.

Untuk Anda yang tertarik untuk mencicipi keripik talas ini, tidak sulit. Karena saat ini, jenis camilan yang dimaksud mudah ditemukan di berbagai tempat di kawasan Bantaeng, terutama di toko-toko oleh-oleh.

Berbeda dengan jenis keripik lainnya. Keripik talas ini dibuat dengan menggunakan bumbu terlebih dahulu. Dimana setelah diiris tipis, talas akan direndam menggunakan air kapur sirih untuk mengurangi lendir pada talas, sebelum akhirnya diberi bumbu dan kemudian goreng hingga garing.

Hasilnya tidak mengherankan, rasa keripik talas khas dari bantaeng ini terkenal gurih dan enak. Seperti hanya jagung marning, keripik talas sendiri saat ini hadir dengan berbagai varian rasa, namun yang paling banyak dipilih adalah rasa original.

  • Kue Cucur

Anda pasti sudah tidak asing dengan kuliner Bantaeng yang satu ini. Kuliner yang dapat Anda jumpai di Jawa Barat ini juga mudah Anda temukan di kabupaten Bantaeng. Kue yang terbuat dari tepung terigu dan gula merah ini, akan jadi oleh-oleh menarik dari kampung Beloparang, yang ada di kecamatan Bissappu, Bantaeng.

  • Kue Mangkok

Walaupun kue yang satu ini termasuk kue yang umum Anda temukan sebagai jajanan pasar. Tapi tidak ada salahnya jika mencoba camilan yang satu ini ketika Anda mengunjungi kawasan wisata Bantaeng. Mencoba kuliner khas daerah setempat, pastinya berbeda rasanya, dibanding Anda mencoba kuliner yang dirasa sama, dari daerah lainnya. Pastinya ada sejarah Bantaeng tersendiri, yang membuat kue tersebut juga ada di beberapa daerah lain di Indonesia.

  • Kacang Tumbuk

Ini adalah kuliner atau dalam hal ini camilan lainya dari kabupaten Bantaeng. Yang terdiri atas campuran karamel gula pasir dan kacang tanah. Camilan manis ini pas sebagai oleh-oleh, umumnya camilan seperti ini mudah Anda temukan di sentra oleh-oleh.  

Tertarik untuk membeli aneka oleh-oleh khas Bantaeng ini secara mudah tidak sulit. Umumnya Anda dapat menemukannya di hotel Bantaeng tempat menginap, atau Anda dapat langsung mengunjungi sentra oleh-oleh yang ada di kabupaten Banteng, untuk membelinya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *