BantaengNews

Pemkab Bantaeng Salurkan Bantuan Modal Usaha Untuk Masyarakat Pesisir

Pemerintah Kabupaten Bantaeng kembali menyalurkan bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW.  Sebanyak Rp544 juta disalurkan untuk 23 usaha kecil yang ada di kawasan pesisir Kabupaten Bantaeng di Kecamatan Pa’jukukang, Senin, 20 Desember 2021.  

Aecara keseluruhan Pemkab Bantaeng menyalurkan dana sebesar Rp. 2.9 miliar melalui prograrm bantuan modal usaha ini. Dana tersebut menyentuh UKM yang tersebar di delapan kecamatan yang di Bantaeng. Penyalurannya dilakukan secara bertahap di setiap kecamatan.  

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengatakan, bantuan ini diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bantaeng. Dia berharap, masyarakat bisa tetap produktif di masa Pandemi Covid-19 berkat suntikan bantuan modal usaha ini. 

“Tahun ini kita juga sudah bekerja sama dengan Bank Sulselbar. Jika suatu hari usahanya sudah berkembang dan membutuhkan modal yang lebih besar, bank Sulselbar sudah bisa membantu,” jelas dia.

Bupati juga meminta kepada semua pihak untuk terus mendampingi para pengusaha UKM ini. Dia berharap, pemdampingan ini bisa mendorong peningkatan usaha mereka.  Bupati juga berpesan dan berharap agar UKM yang mendapat bantuan modal ini bisa merekrut tenaga kerja di sekitar mereka.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemkab Bantaeng, Muhammad Tafsir mengatakan, bantuan modal usaha ini adalah program prioritas Pemkab Bantaeng. Program pemberian bantuan modal usaha ini adalah upaya Pemkab Bantaeng bantuan ini untuk mendorong kesejahteraan masyarakat Pa’jukukang terutama mereka yang berada di pesisir pantai. “kita mendorong agar usaha-usaha kecil juga bisa terbentuk di Pa’jukukang ini,” jelas dia. 

Bantuan  modal ini diberikan pada banyak jenis usaha yang berada di kawasan ini. Mulai dari tukang pembuat batu bata, sampai pembuat kapal fiber mendapatkan bantuan modal usaha ini. Nilai bantuannya pun beragam. Sesuai dengan kebutuhan dan proposal yang diajukan oleh para pengusaha ini.

Pada hari yang sama, Diskop UKM Bantaeng juga menyerahkan bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW di kantor Kecamatan Eremerasa, Senin, 20 Desember 2021. Sebanyak 13 UKM dan satu peminat usaha mendapatkan bantuan modal senilai Rp272 juta. Selain bantuan berupa modal usaha, Dinas Koperasi dan UKM akan terus memberikan ruang untuk pelatihan kewirausahaan.

Ketua Komsisi B DPRD Bantaeng, Asriudy Asman mengatakan, bantuan modal usaha ini terus mendapat pengawasan oleh legislatif. Dia mengaku, bantuan ini memberikan manfaat untuk semua orang. Oleh karena itu, legislatif menjadikan program ini sebagai skala prioritas. 

“Program ini mengedukasi semua orang di sekitarnya untuk bergerak bersama dalam melindungi dan meningkatkan UKM,” jelas dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *