News

Peringati Hari Guru Nasional 2023, SD Negeri 7 Letta Gelar Lomba Membaca Nyaring

SD Negeri 7 Letta Kabupaten Bantaeng melaksanakan kegiatan Lomba Membaca Nyaring (Read Aloud) bagi internal guru-guru di SD Negeri 7 Letta dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional tahun 2023, Kamis (23/11/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman SD Negeri 7 Letta ini dihadiri oleh seluruh tenaga pendidik dan ratusan murid SD Negeri 7 Letta. Selain menjadi pendengar, mereka turut memeriahkan kegiatan ini dengan memberikan sorak-sorai dukungan bagi guru mereka yang ikut berlomba.

Read Aloud adalah metode mengajarkan membaca yang paling efektif untuk anak-anak karena dengan metode ini kita bisa mengkondisikan otak anak untuk mengasosiasikan membaca sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan. Harapannya kegiatan ini dapat berdampak dalam membuat anak terbiasa mendengar, mau membaca, dan akhirnya bisa turut membaca.

Mendengarkan guru yang membaca nyaring dapat menjadi tahap awal pengalaman literasi anak sebelum anak itu bisa membaca sendiri. Membaca nyaring juga memiliki manfaat dalamĀ memperluas wawasan pada anak, karena dalam buku cerita biasanya terdapat kata-kata yang mungkin tidak mereka temukan dalam komunikasi sehari-hari yang akhirnya dapat mereka temukan dari guru-guru yang membacakan dan menjelaskan isi bacaan kepada mereka.

Hj. Rosbiah, S.Pd, selaku Kepala Sekolah menjelaskan, “Kami di SD Negeri 7 Letta memahami betul, bahwa kemampuan membaca nyaring atau read aloud ini adalah salah satu skill dasar yang seharusnya dimiliki oleh para guru untuk membiasakan anak didik mereka mendengarkan bacaan-bacaan berkualitas yang diharapkan kedepannya akan membentuk kesadaran literasi mereka. Maka dari itu, besar harapan kami agar kegiatan kami ini bisa menjadi momentum awal bagi sekolah-sekolah lain untuk turut menumbuhkan semangat literasi bagi guru-guru mereka melalui kemampuan membaca nyaring ini.”

Ikbal Haming

Guru PJOK SD Negeri 48 Kaloling, pustakawan di Rumah Baca Panrita Nurung, Dusun Borong Ganjeng, Desa Tombolo. Menulis buku kumpulan esai "Jika Kucing Bisa Bicara" (2021).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *