BantaengNews

Press Conference: Perekrutan Karyawan KIBA Yang Transparan dan Sistematis

Menanggapi keluhan masyarakat mengenai rekrutmen karyawan perusahaan dalam Kawasan Industri Bantaeng (KIBA) yang dinilai perlu adanya perbaikan dengan mengutamakan asas keadilan, DPRD Kabupaten Bantaeng mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP)  dengan  PT. Bantaeng Sinergi Cemerlang (Basic) – Perseroda dan wakil perusahaan  yang berada di Kawasan Industri Bantaeng (KIBA) di ruang rapat komisi B, Jumat, 10 Februari 2023.

Adapun pihak yang turut hadir yakni Andi Irfandi Langgara selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bantaeng, Perusahaan Pengelola KIBA PT. Basic – Perseroda yang diwakili Ansar Kaimuddin selaku Manajer Operasional, wakil dari Huadi Group, PT. Huadi Bantaeng Industry Park (HBIP) diwakili oleh Nugraha Arifin serta HRD dari PT. Hengsheng yang diwakili oleh Sinta.

RDP tersebut memaparkan kesepakatan terkait proses perekrutan calon tenaga kerja (canaker) dari tenant Huadi Group yang sedang membuka kesempatan berkarir di PT. Hengsheng New Energy Material (Hengsheng). Perekrutan karyawan perusahaan dalam KIBA akan melalui sistem yang terintegrasi secara terbuka, yakni kerja sama antara pengelola kawasan industri dan Disnaker. Selanjutnya akan disortir Calon Tenaga Kerja (canaker) yang akan dipekerjakan di beberapa perusahaan industri yang berada di KIBA.

Adapun hal yang mendasari proses alur tersebut yakni Peraturan Daerah Kabupaten Bantaeng Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja (Perda Kab. Bantaeng No. 2 Tahun 2016) yang berbunyi: “Dalam melaksanakan penempatan Tenaga Kerja Antar Kerja Lokal, Lembaga Pelaksana Tenaga Kerja Swasta wajib melaporkan ke Dinas dan hanya dapat merekrut Calon Tenaga Kerja yang memiliki kartu pendaftaran pencari kerja yang dikeluarkan oleh dinas kabupaten/kota”.

H. Muh. Yusuf selaku Wakil Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Bantaeng menegaskan bahwa alur perekrutan haruslah diketahui Disnaker dan dibantu oleh Pengelola Kawasan. “Intinya tidak ada perekrutan kawasan selain melalui Disnaker dan Pengelola Kawasan, jika ada maka kami dari DPRD akan bertindak tegas karena kami akan mengontrol serta mengawasi” tegasnya. Pihaknya akan mengontrol dan mengawasi serta mengambil tindakan jika terdapat pelanggaran pada proses alur perekrutan tersebut.

Setelah kegiatan RDP usai, pembahasan kesepakatan tersebut langsung dipaparkan dalam press conference di depan para awak media.

“Canaker yang telah mengambil kartu kuning di Disnaker, datanya akan diinput oleh admin dari Perseroda ke dalam aplikasi kami yang telah tersinkronisasi dan terhubung nomor Whatsapp calon tenaga kerja yang mendaftar. Dan juga informasinya dapat dilihat dalam website dan akun Instagram kami.” papar Nugraha Arifin perwakilan HBIP saat memberikan penjelasan alur perekrutan canaker yang dilakukan secara transparan, terbuka dan sistematis..

Sebagai bentuk komitmen HBIP dalam keterbukaan informasi, alur perekrutan tenaga kerja secara transparan ditampilkan melalui postingan akun-akun media sosial HBIP yaitu Instagram dan twitter @huadiindonesia dan Facebook Fans Page  Huadi Indonesia

Usulan lainnya yang disepakati yaitu mempermudah masyarakat dalam alur perekrutan canaker. Ansar Kaimuddin selaku Manajer Operasional PT. Basic menyampaikan bahwa admin Perseroda akan ditempatkan di dalam kantor Disnaker untuk efisiensi penginputan data canaker yang telah mendaftar.

“Kami tempatkan meja admin juga di dalam kantor Disnaker. Supaya para canaker dapat langsung menyelesaikan urusannya hanya satu tempat saja. Jika sudah mendaftar, admin kami langsung menginput datanya ke aplikasi” ujar Ansar.

Selanjutnya, Sinta selaku HRD PT. Hengsheng memaparkan jumlah keseluruhan yang akan diterima pada perekrutan canaker gelombang I yaitu 123 tenaga kerja.

“Penerimaan karyawan saat ini yang kami butuhkan berjumlah 123 orang.  Rincian kebutuhan tenaga kerja yang akan diserap terbagi atas empat posisi, yakni 108 Operator Produksi, 10 Welder/Juru Las, 3 Crew Kitchen/Kru Dapur dan 2 Staff Gudang. Rekruitmennya kita lakukan secara bertahap” jelas Sinta.

Sinta juga mengemukakan bahwa informasi open recruitment terkait kualifikasi, persyaratan hingga jadwal tes lebih lanjut dapat dilihat secara langsung pada situs huadi.co.id/hengsheng/

Sebagai penutup, Wakil Ketua Komisi B DPRD Bantaeng, Muh. Yusuf menegaskan hasil kesepakatan tentang proses perekrutan canaker didasarkan pada pengalaman-pengalaman sebelumnya.

“Kami lakukan beberapa kali pertemuan hingga saat ini, karena belajar dari tahun sebelumnya, pengumumannya itu tidak transparan. Perlu diingatkan, bukan DPRD atau Disnaker yang menentukan kelulusan tenaga kerja. Tapi dari pihak perusahaan” tutupnya di depan awak media. (al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *