BantaengKesehatanNews

RAKER IKA UNHAS BANTAENG: Sinergi dan Kolaborasi untuk Bantaeng Lebih Baik

Universitas Hasanuddin, merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dengan alumni yang kuat dan berdedikasi. Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) telah melakukan banyak hal untuk membangun hubungan persaudaraan, memajukan alumni, dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan almamater yang tentunya berdasar pada Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pasca dilantiknya Pengurus Daerah IKA Unhas Bantaeng (PD IKA Unhas Bantaeng) periode 2022 – 2026 di awal Mei 2023 yang memandat Sri Dewi Yanti selaku Ketua Daerah, kemudian menggelar rangkaian kegiatan Rapat Kerja PD IKA Unhas Bantaeng yang berlangsung selama dua hari di Aula RSUD Prof. dr. H. M. Anwar Makkatutu dan Tribun Lapangan Pantai Seruni Bantaeng pada Jumat dan Sabtu, 4 – 5 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut selain membahas dan menetapkan program kerja, juga dirangkaikan dengan aksi donor darah dan kegiatan outbound. Tujuannya ialah memberikan ide dan gagasan kreatif bagi daerah, juga diharapkan mampu membantu masyarakat serta mempererat tali silaturrahmi antar pengurus dan para alumni.

Acara yang dihadiri oleh puluhan alumni dari berbagai angkatan dan fakultas tersebut, menandai semangat sinergitas & kolaborasi kebersamaan IKA Unhas Bantaeng dengan berbagai pihak yang ada di daerah.

Dalam agenda pembukaan acara Rapat Kerja, Sri Dewi Yanti memberikan sambutannya tentang IKA Unhas Bantaeng dihuni oleh orang – orang hebat yang memiliki peran strategis di Kabupaten Bantaeng.

“Saya bersyukur bisa bersama-sama dengan teman-teman yang berada di IKA Unhas Bantaeng. Disini ada Ketua Harian, dr. Hikmah yang juga selaku Wakil Direktur RSUD. Ada ibu Lily sebagai Direktur Huadi Bantaeng Industry Park dan masih banyak lagi. Kalau saya sebutkan satu persatu bisa – bisa sampai sore saya bicara disini. Termasuk suami saya, alumni S2 Unhas yang juga diberikan kesempatan menjabat sebagai Bupati Bantaeng”, tutur Sri.

Lebih lanjut menurut penyandang calon program doctoral di Universitas Hasanuddin tersebut, bahwa dari berbagai kekuatan yang terhimpun di IKA Unhas Bantaeng diharapkan kedepannya mampu memberikan kontribusi bagi daerah.

“…untuk itu dalam momen kehangatan ini, kami mengajak para alumni memberikan gagasan dan ide kreatifnya dalam bentuk program kerja. Saya pun optimis bahwa dengan kekuatan kita yang ada saat ini, mampu menghadirkan hal-hal yang Baik  dalam berkontribusi untuk pembangunan daerah” tutupnya.

Usulan Program Kerja

Fokus utama dalam forum rapat kerja IKA Unhas Bantaeng adalah pembahasan rencana program unggulan untuk tahun – tahun mendatang. Berbagai ide dan usulan yang kreatif diajukan oleh para peserta rapat, termasuk pelaksanaan kegiatan kemanusiaan, pelatihan keterampilan, bursa kerja, dan lokakarya. Program-program ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi para alumni serta masyarakat Bantaeng.

Saat agenda sidang rapat kerja berlangsung, satu per satu bidang memaparkan rancangan program kerja yang akan dilaksanakan. Salah satunya pemaparan dari bidang Ekonomi & Dunia Usaha, yang berupa program kegiatan pameran UMKM, seminar bisnis serta penyusunan Bussiness Plan objek strategis daerah.

Tidak hanya dibidang ekonomi saja, perhatian IKA Unhas Bantaeng juga menyasar hingga pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Bidang yang menaungi hal tersebut membuat program yang dikerjasamakan dengan bidang Hukum & Sosial Kemasyarakatan. Kedua bidang tersebut mengusulkan program kolaborasi berupa sosialisasi hukum terkait Undang – undang serta peraturan mengenai Perlindungan Perempuan dan Anak.

Foto bersama Pengurus Daerah Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin Bantaeng 2022-2026 saat penutupan sidang Rapat Kerja

Di penghujung forum sidang rapat kerja yang dialektis, akhirnya pimpinan sidang menetapkan 34 program kerja PD IKA Unhas Bantaeng dalam periodesasi selama tiga tahun kedepan hingga 2026.

Aksi Kemanusiaan dan Fun Games

Sehari setelah sidang rapat kerja, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan berupa aksi penggalangan untuk donor darah yang bekerjasama dengan pihak UTDRS beserta partisipasi mahasiswa KKN Tematik Unhas berlangsung di Tribun Pantai Seruni Bantaeng. Sebanyak 35 kantong darah yang dikumpulkan oleh pihak UTDRS dari para pendonor darah. Adapun diantaranya para pendonor tersebut merupakan alumni dan mahasiswa.

Mahasiswa KKN Tematik Unhas yang mendonorkan darahnya di kegiatan Donor Darah IKA Unhas Bantaeng

Adiamsyah merupakan mahasiswa KKN Tematik UNHAS yang berasal dari Fakultas Pertanian, mengatakan bahwa kegiatan donor darah merupakan hal yang sangat positif bagi masyarakat. “Kami mendukung apa yang dilakukan oleh senior-senior dalam hal yang bermanfaat bagi masyarakat”, ujarnya.

Bersamaan dengan kegiatan donor darah, terdapat pula kegiatan outbound yang diikuti oleh alumni, mahasiswa KKN Tematik Unhas dan anggota dari Tim Penggerak – Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Bantaeng.

Keseruan yang berlangsung mulai pagi hingga tengah hari tersebut, dimotori oleh Tim Parabus Outbound. Item – item kegiatannya syarat akan makna kebersamaan dan Kerjasama tim. Tentunya hal tersebut merupakan tujuan diadakannya outbound berupa Fun Games agar mencairkan suasana antar pengurus, alumni dan pihak lainnya yang menjadi salahsatu syarat menuju sinergitas dan kolaborasi untuk Bantaeng lebih Baik.

Alif Tawaqal

Freelancer Infinity Interaksi_Art Creative Studio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *