IPTEK

Serba-Serbi Update Windows 11 yang Akan Segera Launching Oktober

Siapa yang PC atau laptopnya masih menggunakan windows 10 atau windows 8? Microsoft membawa kabar menyenangkan untuk anda yang ingin tampilan baru pada PC anda. Windows 11. Ya, windows 11 generasi terbaru dari windows 10.

Microsoft sebagai pemilik Sistem Operasi windows resmi memperkenalkan windows 11 pada publik di tanggal 24 Juni 2021. Namun peluncuran windows 11 ini belum diperuntukan untuk luas dan kemungkinan akan dapat digunakan secara massal akhir tahun atau tahun 2022. 

Jadi untuk anda yang ingin update windows 11 harus bersiap-siap, terlebih pengguna windows 10 karena anda dapat meng-update windows 11 secara cuma-cuma alias gratis.

Apa perbedaan dengan Windows 10

Terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan dari windows dengan windows generasi sebelumnya yakni windows 10. Melansir berbagai sumber berikut beberapa perbedaannya.

  1. User Interface atau tampilan UI

Perbedaan pertama yang mencolok dari upgrade Windows 11 dengan Windows 10 yakni tampilan antarmuka (UI). Windows 11 memiliki tampilan yang lebih segar dan minimalis, khususnya pada bagian taskbar dan menu start. 

Menu ini tidak lagi berada di sebelah kiri seperti pada Windows 10. Microsoft menggesernya pada sisi tengah, sehingga tampilannya menyerupai MacOS. Pada menu start  juga pindah di tengah. Untuk iko  lainnya seperti jam, koneksi, atau baterai masih berada di kanan taskbar.
Pada menu start juga turut diganti, dimana logo tersebut kini menjadi bulat. Perbedaan lainnya absennya Live Tiles di Windows 11. Merupakan fitur Windows yang menampilkan kolom notifikasi dan mencakup banyak informasi seperti cuaca, kalender, dll

  • Bentuk logo jendela 

Logo yang identik dengan bentuk jendela khas milik windows juga mengalami perubahan pada update windows 11. Pada windows 11 logo jendela lebih simetris menghadap ke depan dibanding pendahulunya yang membuat logo bergaya 3 dimensi. Selain itu suara saat dinyalakan juga mengalami perubahan di windows 11.

  • Mendukung aplikasi android

Nah, anda yang suka mengoperasikan ponsel bersamaan dengan PC, windows menjawab kebutuhan anda. Jika anda install windows 11, anda disuguhkan kemampuan PC untuk menjalankan aplikasi android tanpa adanya modifikasi khusus. Jadi anda tidak perlu perangkat tambahan seperti emulator atau melakukan dual boots OS.

Berbagai aplikasi android dapat anda unduh langsung di Amazon App Store kemudian dapat anda pin .pada taskbar dan disatukan dengan aplikasi lain. Menurut tekno.kompas.com microsoft menggunakan teknologi Intel Bridge, sehingga membuat aplikasi pada android dapat berjalan di sistem x86. 

Kerennya lagi, aplikasi android juga dapat bekerja dalam komputer dengan jeroan MAD atau ARM, jadi tidak terbatas pada intel saja.

  • Perubahan pada widget

Perubahan selanjutnya jika anda update windows 11 yakni memiliki pilihan widget yang didukung dengan Microsoft Edge dan juga Al. Widget ini dapat anda akses jika kursor anda arahkan pada kiri layar.

Menu widget ini akan semakin membantu anda dalam memberikan informasi tentang cuaca, foto, informasi berita atau news, kalender dan informasi lainnya.

  • Terintegrasi bersama teams

Perbedaan lainnya jika anda upgrade windows 10 ke windows 11 anda bisa terhubung dengan pengguna lainnya. Microsoft membuat tombol khusus yang bisa anda akses dari desktop. Dengan adanya teams ini anda dapat melakukan panggilan video, suara, mengirim teks dengan mudah ke sesama pengguna.

  • Ada auto HDR untuk mode game

Buat kamu pecinta game, microsoft sangat memperhatikan anda. Microsoft memanjakan para pecinta game dengan memberikan tampilan grafis yang cakep. Tampilan windows 11 memberikan fitur auto HDR pada windows 11 menghadirkan kontra warna yang sangat baik ketika anda sedang bermain game. 

Kelebihan lainnya yang ditambahkan pada fitur konsol Xbox, yakni adanya direct storage yang akan menyempurnakan kenyamanan anda saat bermain.

  • Menu setting yang lebih ringkas

Anda yang hobi setting sana setting sini, microsoft memperbarui desain dari menu setting. Dengan tampilan yang lebih sederhana, ringkas, praktis, dan tentunya mudah digunakan bahkan untuk orang-orang yang tidak terlalu memahami tentang menu setting pada PC.

  • Adanya snap layout

Selanjutnya yang akan anda peroleh di windows 11 yaitu adanya snap layout untuk memberikan kenyamanan pada para pengguna. Karena fitur ini akan membantu anda sebagai pengguna dalam mengatur tata letak pada jendela dengan lebih mudah serta mengatur semua aplikasi yang ingin anda tampilkan.

Selain itu, microsoft juga membelai windows 11 dengan fitur “Grup Snap” yang dapat membantu memudahkan anda saat ingin multitasking, dimana dengan membuka dan menyimpan lebih dari satu jendela secara bersamaan.

  • Ramah untuk perangkat layar sentuh

Windows 11 juga dirancang untuk dapat digunakan secara nyaman dan diakses dengan mudah di berbagai perangkat termasuk tablet atau notebook dengan teknologi layar sentuh. 

Windows 11 juga memperbaiki respon mereka, ketika detachable pada keyboard  tercabut. Secara otomatis ikon serta menu akan berubah membesar. Ini akan memudahkan pengguna dalam mengoperasikan tablet dalam satu jari tanpa harus mengubahnya ke tablet mode.

Bagaimana? anda semakin penasaran dan tertarik? Atau biasa saja? Melihat dari beberapa rombakan yang dilakukan oleh microsoft, update windows sepertinya akan sangat menarik dan  membawa kesan yang berbeda pada tampilan PC anda.

Spesifikasi  Minimum PC untuk Upgrade Windows 11

Bagi anda yang berniat untuk berpindah update windows 11, anda tidak boleh tidak asal update saja. Sebab, anda juga perlu memperhatikan spesifikasi PC yang saat ini anda miliki. Apakah jeroan PC anda compatible atau tidak? Apakah perlu ganti? Atau apakah tidak usah update saja?

Nah, agar anda memiliki gambaran, untuk dapat install Windows 11 beberapa komponen berikut harus memenuhi spesifikasi minimal, seperti :

  1. Prosesor    : Untuk prosesor anda menggunakan 64-bit yang kompatibel dengan kecepatan clock minimal 1 dan juga minimal 2 core. 
  2. RAM    : Paling tidak 4 GB
  3. Memori Internal    : Minimal kapasitas 64 GB
  4. Keamanan    : Menggunakan secure boot enabled by default dan Trusted Platform Module (TPM) version 2.0
  5. Grafis    : Untuk kebutuhan grafis paling tidak memiliki kompatibel directX12 atau driver WDDM 2.0
  6. Firmware    : UEFI dengan Secure Boot Capable
  7. Display    : Bagian display Memiliki Resolusi HD (High Definition 720p) berukruan layar lebih dari 9 inchi ukuran diagonal dengan satuan warna 8 bit.
  8. Koneksi internet dan akun microsoft    : Bagian ini penting, koneksi internet dan akun microsoft dibutuhkan dalam menyelesaikan pengaturan pertama kalinya.

Jika anda tidak ingin repot-repot memeriksa komponen tersebut satu-persatu sendirian, anda tetap bisa memanfaatkan PC Health Check dengan mengunduh dan menginstallnya. Atau juga bisa dengan manfaatkan microsoft yang menyediakan “Check for Compatibility di halaman resminya. 

Akan lebih mudah lagi jika anda membeli PC dengan tipe baru dengan sistem operasi bawaan. Jadi anda tidak perlu repot melihat spesifikasi dalam PC. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *