NewsTrending News

Unismuh Bulukumba Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Melalui Pelatihan SPSS dan Zotero

Bulukumba – Program Studi Ilmu Aktuaria Universitas Muhammadiyah Bulukumba menggelar pelatihan SPSS dan Zotero bagi mahasiswa tingkat akhir di Kabupaten Bulukumba. Sabtu, (28/01/2022).

Kegiatan yang berlangsung di gedung Lecture Theater kampus 2 Universitas Muhammadiyah Bulukumba ini menghadirkan 2 narasumber utama, yakni Bapak Muhammad Rifki Nisardi, S.Si., M.Si dan Ibu Hukmah, S.Si,.M.Si serta diikuti sebanyak 20 orang peserta perwakilan kampus STAI Al Gazali Bulukumba, Stikes Panrita Husada serta Institute Teknologi dan Bisnis Bina Adinata Bulukumba.

Dengan terlaksananya kegiatan ini maka Program Studi Ilmu Aktuaria Universitas Muhammadiyah Bulukumba berhasil mewujudkan salah satu tri dharma perguruan tinggi melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yaitu pelatihan SPSS dan Zotero bagi mahasiswa tingkat akhir di Kabupaten Bulukumba.

Ketua Program Studi Ilmu Aktuaria, Harianto, SE, MM mengapresiasi yang sebesar-besarnya atas kesediaan para peserta untuk hadir dalam kegiatan pelatihan Aplikasi Zotero dan Aplikasi SPSS.”Melalui pelatihan ini, mahasiswa tingkat akhir di Kabupaten Bulukumba diharapkan mampu memanfaatkan aplikasi manajemen referensi guna peningkatan efisiensi dan kualitas hasil penelitian yg lebih baik,” ucapnya.

Lebih lanjut Harianto mengungkapkan, penggunaan aplikasi zotero ternyata masih belum familiar di kalangan mahasiswa sehingga kedepannya mahasiswa yang telah mengikuti pelatihan dapat memperkenalkan ke kampus mereka masing-masing.

“Mahasiswa juga diberikan pembekalan tentang penggunaan SPSS yang nantinya diharapkan mampu membantu mahasiswa dalam mengolah data dengan cakap guna menghasilkan penelitian yang berkualitas. Dalam pelatihan ini, mahasiswa dilatih untuk melakukan beberapa jenis uji statistik seperti uji deskriptif data dan uji inferensi,” ungkapnya.

Ahmad Ismail

Fotografer-Videografer/Jurnalis Lepas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *