Sejarah

Yuk Kunjungi Wisata Sejarah Menarik yang Ada di Bantaeng

Mengunjungi tempat baru saat liburan memang sangatlah menarik, Kamu bisa belajar banyak hal mulai dari budayanya, sejarahnya, bahasanya, kulinernya, hingga menikmati pemandangan alam yang terhampar indah. Tidak terkecuali saat Kamu datang ke Bantaeng, Kamu akan disuguhkan dengan berbagai destinasi wisata favorit yang tidak bisa satupun terlewatkan.

Berwisata di Bantaeng

Bantaeng adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan, memiliki garis pantai yang cukup panjang membuat Bantaeng mempunyai banyak destinasi wisata pantai yang menakjubkan. Namun tidak hanya wisata pantai saja, Kamu juga bisa menikmati dinginnya udara di pegunungan dengan mengunjungi beberapa bukit atau mendaki gunung. Pemandangan alam pegunungan menjadi pesona wisata yang tentunya tidak kalah menarik.

Tidak hanya itu, Kamu juga bisa menikmati daya tarik lain dari air terjun yang menakjubkan, terdapat beberapa pilihan wisata air terjun yang bisa dikunjungi. Selain wisata alam, Kamu juga bisa lho mengunjungi tempat wisata yang memperkenalkan unsur budaya dan juga sejarah  yang ada di Bantaeng. Tidak ketinggalan juga kuliner khas Bantaeng yang sangat sayang untuk tidak dinikmati.

Mengunjungi Situs Rumah Adat Balla Lompoa Bantaeng

Berbicara mengenai wisata sejarah, salah satu tempat wisata sejarah yang ada di Bantaeng ini benar-benar tidak boleh terlewatkan, yakni Balla Lompoa Bantaeng yang terletak di Letta, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Di tempat ini Kamu bisa melihat bangunan tradisional yang masih dijaga dengan baik hingga saat ini.

Balla Lompoa Bantaeng merupakan sebuah peninggalan berupa rumah adat dengan bangunan yang besar dan panjang selayaknya sebuah istana. Bentuknya mirip dengan rumah panggung dengan ukuran yang lebih besar. Bangunannya terdiri atas bangunan induk dan juga bangunan tambahan di sampingnya yang digunakan sebagai serambi.

Yang tidak kalah menarik dari bangunan ini adalah atapnya berbentuk segitiga, dan ada anjungan yang terbuat dari kayu serta memiliki bentuk kepala naga di bagian depan, dan juga berbentuk ekor naga di bagian belakangnya.

Tidak hanya itu, disana juga terdapat berbagai macam peninggalan sejarah kerajaan yang terbuat dari bahan emas murni seperti perhiasan, tombak, keris, hingga baju besi, menakjubkan sekali bukan? Namun sayangnya tidak semua orang bisa melihat barang-barang peninggalan sejarah tersebut, karena hanya keturunan raja atau karaeng saja yang bisa melihatnya.

Letaknya yang berada di pinggir jalan raya membuat akses ke tempat ini cukup mudah, terlebih jaraknya hanya sekitar 120 kilometer dari Makassar. Aktivitas sehari-hari yang berada di Balla Lampoa ini, biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan benda-benda pusaka peninggalan kerajaan tadi, pada waktu tertentu juga digunakan untuk mengadakan berbagai acara adat.

Sejarah Bantaeng yang Terlupakan 1
Balla Lompoa Bantaeng, sebuah destinasi wisata sejarah yang harus kamu kunjungi ketika berada di Bantaeng.

Kunjungi Juga Masjid Tua Tompong

Selain Balla Lampoa Bantaeng, Kamu juga bisa menikmati wisata sejarah lainnya, yakni Masjid Tua Tompong, yang merupakan masjid kuno yang juga terletak di Letta, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng. Bangunan masjid seluas 867 meter ini cukup unik dengan tiga atap berbentuk tumpang.

Yang tidak kalah menarik dari masjid ini adalah bangunan induknya yang terdiri dari penampil serta tubuh masjid. Dinding masjid bagian Barat, Utara, dan Selatan berupa tembok berventilasi dan roster porselen yang berwarna hijau, sedangkan untuk dinding bagian Timur memiliki empat pilar dengan gaya arsitektur Eropa. Pada bagian puncak masjid ini juga ada mustak yang dibuat dari keramik dari masa Dinasti Ming.

Itulah dua wisata sejarah yang ada di Bantaeng, sangat disayangkan jika Kamu yang sedang mengunjungi tempat baru di Bantaeng malah tidak mengunjungi dua tempat wisata sejarah yang menarik ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *